SELAMAT DATANG DI BLOG SMK MUHAMMADIYAH SALATIGA === SELAMAT ATAS KELULUSAN 100% SISWA-SISWI SMK MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019 ===

Rabu, 17 Desember 2014

STRATEGI JITU UPDATE DATA DI VERVAL PESERTA DIDIK DENGAN APLIKASI DAPODIKMEN



Alhamdulillah…Luar Biasa….Bravo…sudah ada masukkan strategi untuk update data Verval Peserta Didik yang selama ini menjadi kendala bagi sekolah dalam melakukan pengiriman data melalui Sinkronisasi di Dapodikmen. Strategi ini diperoleh dari masukkan para operator sekolah yang bermula pada sebuah kegiatan di betempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik dengan melibatkan pengawas, Kepala Sekolah dan Operator Sekolah SMA Se-Kabupaten Gresik pada tanggal 5 Desember 2014 .

Pada sesi kebijakan Pendataan Pendidikan Menengah  itu hadir Kepala Bidang pendidikan menengah beserta jajararanya,  Pengawas, Kepala Sekolah dan Operator Sekolah. Kepala Sekolah setelah materi Kebijakan diminta untuk menyerahkan data peserta Didik kelas XII yang sudah berhasil di Sinkronisasi untuk bisa di verifikasi dan Validasi oleh Pengawas Sekolah sesuai dengan kelompoknya masing masing. Sedangkan untuk operator Sekolah diberikan materi khusus tentang Verval Peserta Didik agar data-data peserta Didik bisa segera tervalidasi. Namun dari pertemuan dengan operator ini, banyak pertanyaan dari operator seputar masalah Verval Peserta Didik yang telah melakukan Sinkronisasi akan tetapi Verval Peserta didik masih belum berubah juga padahal sudah berhasil Sinkronisasinya.

Setelah kegiatan selesai, ada salah satu operator Sekolah yang mencoba Strategi yang selama ini oleh Fasilitator Pusat juga belum di coba. Dan ternyata setelah Strategi itu di coba di SMA Muhammadiyah 8 Gresik, data yang selama ini 50 % data tidak berubah, menggunakan strategi jitu ini dapat ter-update secara keseluruhan dengan tuntas. 

Berikut ini adalah Strategi Jitu agar data di vervalpd bisa update sesuai data yang diharapkan oleh operator :

  1. Masuk ke Tab Rombongan Belajar pada aplikasi Dapodikmen
  2. Pilih kelas yang ada data peserta didik yang tidak berubah
  3. Pilih peserta didik yang tidak berubah datanya
  4. Keluarkan dari rombel dan pilih yes kemudian lakukan validasi dan sync
  5. Kemudian masuk ke tab peserta didik
  6. Pilih anak yang akan dilakukan perubahan dan klik ubah
  7. Lakukan perubahan data pada peserta didik tersebut
  8. Simpan Perubahan pada perubahan data peserta Didik
  9. pilih Tab Rombongan belajar dan Pilih kelas
  10. Pilih anggota rombel dan masukkan kembali siswa tersebut ke rombel
  11. Lakukan Validasi dan sinkronisasi
  12. Pastikan pengirima data berhasil
  13. Tunggu perubahan data di verval Peserta didik 1x24 jam (http://vervalpd.data.kemdibud.go.id )
Kami sangat bangga dan berterima kasih atas masukkan STRATEGI JITU para operator sekolah SMA Muhammadiyah 8 Gresik Jawa Timur yang telah disampaikan kepada kami. Kami sadar bahwa aplikasi dapodikmen ini adalah aplikasi kita semua bukan hanya milik tim dapodikmen pusat saja.
Oleh karena itu, Kami membuka kesempatan bila ada Strategi Jitu lainnya dari para operator sekolah untuk memudahkan para operator Dapodikmen akan sangat kami nanti.

Salam Satu Data Dapodikmen

Arie Wibowo Khurniawan
Kasubbag Data dan Informasi, Setditjen Dikmen
Ditjen Dikmen Jakarta

Sumber : http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/portal/web/laman/detailBerita/2014-12-16/strategi_jitu_update_data_di_verval_peserta_didik_dengan_aplikasi_dapodikmen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar